Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anda Ingin Sukses? Yuk, Kenali Kunci Menjadi Orang Sukses

 

Setiap manusia menginginkan kesuksesan dalam kehidupannya. Walaupun sukses yang dimaksud di sini sangat variatif, kurang lebih sukses dapat diartikan dapat mencapai visi atau tujuan yang diinginkan dan tentunya menjadi seorang yang memiliki akumulasi kekayaan yang melimpah. Untuk mencapai tahap kesuksesan tertentu, ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Berikut beberapa kunci menjadi orang sukses:

1. Melakukan Perubahan Kecil untuk Menghasilkan Perbedaan Besar

Salah satu kunci utama untuk menjadi orang sukses, yaitu melakukan perubahan-perubahan kecil setiap harinya. Sesuatu yang besar didapat dari perbedaan-perbedaan kecil yang dilakukan tiap hari. Sering kali kita meremehkan hal-hal kecil yang sebenarnya berdampak besar dalam kehidupan kita. Tak disangka, dari hal-hal kecil inilah sebenarnya kunci kesuksesan seseorang. Sebagai contoh: seseorang yang ingin masuk ke jurusan kedokteran, setiap harinya ia harus mempelajari banyak hal terkait ilmu biologi, fisika, maupun kimia. Dari perubahan-perubahan kecil yang dilakukannya tiap hari akan membuahkan bunga majemuk di akhir penantiannya, yaitu diterima masuk di jurusan kedokteran. Contoh lain, untuk menjadi seorang penulis dibutuhkan banyak referensi yang didapat dari tiap harinya melakukan ritual membaca. Seorang penulis profesi awalnya sebagai seorang pembaca. Tanpa membaca, seseorang yang bercita-cita sebagai penulis akan sulit tercapai. Mulai sekarang, lakukan hal-hal kecil yang dapat menjadi pondasi dalam mencapai kesuksesan.

2. Lupakan Tujuan Berfokuslah pada Proses

Sering kali seseorang terobsesi dengan tujuan-tujuan besar. Hal itu menenggelamkan proses yang seharusnya dilakukan. Daripada terlalu berfokus pada sasaran yang besar sebaiknya kita meninjau sudah seberapa jauh peningkatan yang kita alami setiap harinya. Melihat kemajuan proses lebih penting untuk melihat seberapa siap kita dalam mencapai tujuan. Lalu, apakah mempunyai sebuah tujuan adalah hal yang salah? Tentu saja tidak. Tujuan itu baik untuk menentukan ke mana kita akan melangkah tapi proses adalah yang terbaik untuk mendapatkan kemajuan. Seorang pemenang dan pecundang sama-sama memiliki tujuan yang sama. Kita berkonsentrasi pada orang-orang yang akhirnya menang, menghiraukan orang lain yang memiliki tujuan sama namun tidak berhasil meraih tujuan. Secara nalar sederhana, peserta cabor sepak bola menginginkan meraih medali emas dan peserta cabor pencak silat menginginkan naik podium. Tujuan itu selalu ada. Baru saat melakukan perubahan-perubahan kecil secara berkelanjutan (proses) mereka memetik hasil yang istimewa: juara.

3. Jadikan Perubahan Kecil sebagai Kebiasaan

Apabila kesulitan menjadikan perubahan-perubahan kecil sebagai kebiasaan, masalahnya terletak pada kesadaran kita tentang perubahan-perubahan kecil yang sudah kita lakukan tiap harinya. Kebiasaan merujuk kepada perubahan kecil tiap hari yang apabila diakumulasikan dalam bentuk bilangan, sebesar 1%. Namun, apabila perubahan ini tetap dilakukan dalam satu tahun akan meningkat selama 37%. Kesadaran melihat dan melakukan perubahan kecil ini yang perlu kita ingat. Perubahan kecil itu ibarat satu buah bata, apabila kita tiap hari menata batu bata satu setiap harinya, di kemudian hari akan membentuk sebuah pondasi yang kuat. Rutinitas kecil yang kita konsistentkan terkesan tidak bermakna, tapi sejalan dengan waktu akan saling membangun dan menjadi bahan untuk mencapai kemenangan-kemenangan besar.


Mencapai sukses dibutuhkan pengorbanan kecil yang kelihatannya tidak bermakna namun akan menjadi makna besar di kemudian hari. Kesuksesan tinggal menunggu momentum kapan perubahan-perubahan kecil yang kita lakukan menjadi ledakan besar. Semoga kita dapat konsisten melakukan perubahan-perubahan kecil untuk menjadi manusia yang sukses.


Posting Komentar untuk "Anda Ingin Sukses? Yuk, Kenali Kunci Menjadi Orang Sukses"