Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Pentingnya Kuliah sebagai Pembentuk Jati Diri



Mengapa melanjutkan studi ke perguruan tinggi itu penting? Bagi kalian yang sedang di ujung masa-masa indah atau masa SMA, kalian harus sudah memikirkan kehidupan kalian selanjutnya. Kuliah atau Kerja? 

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi menjadi hal penting untuk menunjang kesuksesan karier di masa depan. Pendidikan menjadi hal penting bagi majunya sebuah peradaban, berikut alasan pentingnya kuliah bagi masa depan:

1. Jembatan Kesuksesan

Banyak opini yang berkeliaran di sekitar kita, bahwa melanjutkan studi di perguruan tinggi membawa kita ke tangga kesuksesan. Nyatanya, untuk sekarang memang ijazah masih menjadi tolok ukur sebuah instansi untuk menerima dan menggaji pekerjanya. Pelamar kerja yang berasal dari kalangan mahasiswa akan mendapat jabatan yang lebih tinggi dibanding dengan pelamar yang berasal dari kalangan SMA. Melanjutkan ke perguruan tinggi masih menjadi langkah yang tepat untuk seseorang mendapatkan jabatan yang lebih tinggi di instansi atau perusahaan. 

2. Terbukanya Wawasan

Kuliah menjadi sangat penting, mengenai hal yang satu ini, yaitu: terbukanya wawasan. Seorang mahasiswa akan memiliki cara pandang yang lebih luas dibanding dengan mereka yang tidak mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh, bertemunya berbagai pemikiran-pemikiran baru, baik dari dosen maupun teman-teman kita. Di dunia perkuliahan, kita dipertemukan dengan orang-orang yang berbeda sama sekali dengan kita. Berbagai bentuk pikiran dan cara pandang tersebut yang akan memperkaya wawasan kita mengenai sesuatu hal. Jadi, kuliah menjadi sangat penting dalam urusan untuk terbukanya wawasan kita. Syaratnya adalah dengan menjadi mahasiswa yang aktif dan tidak introvert. 

3. Magang

Magang atau pelatihan keterampilan. Banyak sekali lembaga-lembaga yang membuka magang dengan persyaratan sedang menempuh studi di perguruan tinggi. Bagi mereka yang hanya mempunyai ijazah SMA, sangat sedikit ruang untuk mendapat pelatihan untuk meningkatkan keterampilan. Sebagai mahasiswa, keistimewaan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin, karena menyangkut dengan hard skill. Akan menjadi sia-sia apabila seseorang yang sedang kuliah tidak memanfaatkan ruang yang telah diberikan untuk peningkatan hard skill mereka. 

4. Organisasi

Di dalam kuliah, juga memberikan seorang mahasiswanya untuk bebas memilih organisasi yang ingin diikuti. Organisasi sebagai wadah para mahasiswa untuk menambah relasi, belajar berargumentasi, belajar membagi waktu, dsb. Di dalam organisasi, yang dibangun adalah soft skill, kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian seseorang. 

Uraian di atas adalah beberapa alasan pentingnya kuliah. Walaupun tak selamanya orang yang kuliah lebih sukses dari orang yang tidak melanjutkan kuliah. Namun, kuliah menawarkan berbagai kesempatan yang tak mungkin kamu dapatkan apabila tidak menjadi seorang mahasiswa. Seperti dalam novel Laut Bercerita: kuliah hanya memberimu beberapa prosen saja, sedangkan untuk mematangkan diri kamu harus berkembang di dalam lingkungan kampus.



Posting Komentar untuk "4 Alasan Pentingnya Kuliah sebagai Pembentuk Jati Diri"